VISITING DOCTOR JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH Menilik Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0


Selasa, 22 Oktober 2019
Batusangkar - Bentuk dari perwujudan visi serta misi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Batusangkar yang ingin menjadi program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang kompetitif dan reaktif dalam menghasilkan lulusan yang berkarakter islami, integratif dan profesional dalam bidang keilmuwan, serta interkonektif dalam nilai budaya lokal di wilayah Sumatera Barat tahun 2025, PGMI IAIN Batusangkar mengadakan acara Visiting Doctor berupa seminar dan bedah kurikulum dengan tema ‘Keselarasan Kurikulum PGMI dengan Era Revolusi Industri 4.0’.

                                (Seminar dalam Rangka Visiting Doctor PGMI 2019)


Acara ini dihelat pada hari Selasa tanggal 22 Oktober 2019 di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Kampus II IAIN Batusangkar dengan peserta sebanyak 250 orang yang terdiri dari mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Batusangkar dan juga dosen. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Mahasiswa. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Dr. Sirajul Munir, M.Pd. Acara puncak diperuntukkan bagi narasumber yang luar biasa yaitu Dr. Fauzan M.A. Beliau adalah salah seorang dosen PGMI dari Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Asesor BAN PT. Beliau banyak membahas tentang bagaimana kurikulum saat ini dan keselarasannya dengan era teknologi yang serba modern serta kesiapan mahasiswa PGMI untuk bersaing dengan PGSD dan jurusan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan bedah kurikulum PGMI bersama dosen-dosen PGMI di tempat yang sama. Harapan setelah diadakannya acara Visiting Doctor ini semoga meningkatnya wawasan mahasiswa mengenai keselarasan kurikulum yang akan dijadikan pedoman saat mendidik nantinya dan juga ini sangat penting bagi mahasiswa karena sebagai calon pendidik nantinya mereka harus mengetahui dan juga menguasai kurikulum yang diselaraskan dengan era masa modern yang disebut dengan era revolusi industri 4.0 yang mana semuanya menggunakan teknologi canggih. Kemudian diharapkan acara ini dapat dijadikan sebagai penambah wawasan serta pengetahuan bagi dosen PGMI IAIN Batusangkar sendiri.


(Bedah Kurikulum PGMI)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar