WORKSHOP LITERASI MAHASISWA PGMI IAIN BATUSANGKAR

(Workshop Literasi PGMI IAIN Batusangkar)

Batusangkar (IAIN) – Kemampuan menulis adalah salah satu kemampuan berbahasa atau literasi yang bersifat produktif. Dalam menulis juga dituntut untuk kreatif agar tulisan menjadi menarik dan pembaca tertarik membacanya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kreativitas dalam menulis, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) mengadakan Workshop  literasi dengan tema Mengembangkan Budaya Literasi Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PGMI” di Auditorium IAIN Batusangkar. Workshop ini diikuti 130 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen PGMI dilaksanakan pada hari Rabu, 4 September 2019. Kegiatan ini menghadirkan pembicara yaitu Bapak Eka Wardhana seorang penulis dan pendongeng dari Rumah Pensil Bandung. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir, M.Pd mengungkapkan bahwa dengan mengikuti workshop ini bisa dimanfaatkan oleh semua peserta guna menambah wawasan literasi dan juga mempermudah mahasiswa dalam menulis buku ataupun menulis skripsi nantinya.

Senada dengan Dekan FTIK “Workshop ini merupakan serangkaian kegiatan dari Jurusan PGMI yang meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang menulis dan menggambar. Workshop diadakan untuk mendukung profil lulusan PGMI sebagai penulis di bidang pendidikan dasar, menambah cakrawala berfikir, kreatifitas. Dengan dilaksanakannya workshop ini diharapkan mahasiswa mampu memiliki keterampilan dalam menulis,” papar Nina Suzanne, M.Pd selaku Kajur PGMI dalam sambutannya pada pembukaan workshop tersebut.

Sebagai pembicara, Eka Wardhana mengatakan seorang guru harus mampu menarik perhatian siswa dengan hal-hal yang baru. Untuk menarik perhatian tersebut salah satunya dengan menggunakan media komik dimana dengan menggunakan komik, siswa akan lebih tertarik dalam membaca. Semakin banyak membaca, semakin memperbanyak kosakata maka dari itu menulis akan menjadi menyenangkan.


Peserta tampak antusias dalam mengikuti acara tersebut, tak hanya sebagai pendengar mahasiswa pun  ikut andil dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Sukses buat PGMI IAIN Batusangkar. SALAM LITERASI.

(IU/tor)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar